RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP) FIQIH KELAS IV
MI NW PERMATAN
Di Susun oleh
MUHARDI, S.Pd.I
Permatan Desa Gunung Malang Kec.
Pringgabaya
Kabupaten Lombok Timur NTB
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MI
NW Permatan
Mata Pelajaran : PAI ( FIQIH )
Tema/SubTema
Kelas : IV (Empat)
Semester : 1
(Ganjil)
Pertemuan : 1 - 6
A.
Materi Pokok
Zakat
Fitrah
B.
Alokasi Waktu
(35 x 12)
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui model cooperative learning peserta didik dapat:
1. Mendefinisikan
pengertian zakat fitrah. dengan benar.
2. Menyebutkan Macam-
Macam Zakat Fitrah dengan benar;
3. Menunjukkan dalil Wajibnya Mengeluarkan
Zakat dengan
tepat;
4.
Menjelaskan Mendeskripsikan ketentuan zakat fitrah dengan benar;
5. Menunjukkan Tata cara zakat fitrah dengan tepat.
D.
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami ketentuan zakat fitrah
4.1 Mensimulasikan tata cara zakat fitrah
E. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1. Siswa dapat menerangkan pengertian zakat fitrah
3.1.2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam zakat
3.1.3. Siswa dapat mendeskripsikan ketentuan zakat fitrah
4.1.1 Siswa dapat mempresentasikan tata cara zakat fitrah
3.1.2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam zakat
3.1.3. Siswa dapat mendeskripsikan ketentuan zakat fitrah
4.1.1 Siswa dapat mempresentasikan tata cara zakat fitrah
F. Materi
Pembelajaran
1. Pengertian zakat fitrah
2. Macam-
Macam Zakat Fitrah
3. Mendeskripsikan ketentuan zakat fitrah
4. Tata cara zakat fitrah
Zakat Fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada
bulan Ramadhan atau bulan puasa yang dibayarkan paling lambat sebelum kaum
muslim selesai menunaikan ibadah sunah Shalat Ied. Dan apabila pelaksanaan
zakat dilakukan setelah melewati batas tersebut, maka zakat tersebut bukan lagi
masuk kedalam kategori zakat, akan tetapi berupa sedekah biasa.
G.
Metode Pembelajaran
Metode:
·
Pendekatan :
Scientific
·
Strategi :
Cooperative Learning
·
Teknik :
Example Non Example
·
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
H.
Media Pembelajaran
·
Gambar/ Poster
·
Diri anak.
·
Lingkungan keluarga.
I.
Sumber Belajar
·
Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
J.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan
penuh khusyu’;
b.
Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah
pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program
pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri
kepada peserta didik.
e.
Guru mengajukan pertanyaan secara
komunikatif berkaitan dengan materi
pokok Zakat
Fitrah
f.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang
akan dicapai;
g.
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, eksplorasi dan mengomunikasikan serta
menyimpulkan.
|
30 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Mengamati ilustrasi
gambar yang terdapat
pada pada buku siswa.
·
Mendengar uraian guru
tentang pengertian,
ketentuan dan tata cara zakat fitrah
b.
Menanya
·
Menanyakan beberapa
ketentuan dan
tata cara zakat fitrah
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan yang
diajukan guru atau teman sekelas
·
Mengungkapkan pendapat
atau komentar
atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrah
c.
Explorasi
·
Menentukan sumber
informasi berkaitan
dengan ketentuan dan
tata cara zakat fitrah
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk buku
penunjang dan
lingkungan sekitar tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
d.
Asosiasi
·
Mencari hubungan antara ketentuan
dan tata cara zakat fitrah
dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan
dengan ketentuan dan
tata cara zakat fitrah
e.
Komunikasi
· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil
temuan atau
wawancara di lapangan
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara zakat fitrah
|
370 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya;
b. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
K.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran.
Tugas
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
·
Diskusi kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
·
Membuat laporan hasil pengamatan
dan wawancara tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
·
Mempresentasikan laporan hasil
diskusi kelompok di depan kelas
Observasi
·
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran
didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
-
Mendeskripsikan ketentuan zakat fitrah
-
Menunjukkan Tata cara zakat fitrah dengan tepat.
No
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang diamati
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Aktifitas berpendapat
4. Keberanian berpendapat
5. Kemampuan berbahasa
Skor penilaian :
Skor
perolehan
Nilai = x 100
Skor
Maksimal
Kriteria
Nilai
A = 80 – 100 : Baik
Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
Portofolio
·
Membuat paparan tentang zakat
fitrah
Tes
Tes tulis tentang Pengertian zakat fitrah, Macam-
Macam Zakat Fitrah, Tata cara zakat fitrah
·
Guru juga melakukan penilaian
terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati
kisah pada kolom “ayo
berlatih”.
Rubrik
Penilaian
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Catatan :
*4 = Sangat Baik 3 =
Baik
2 =
Sedang 1 =
Kurang baik
Rentang
Skor = Skor Maksimal –
Skor Minimal
= 16 - 4
=
12/4
=
3
MK = 14 - 16
MB = 11 - 13
MT =
7 - 10
BT =
4 - 6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila
peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila
peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila
peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam
indikator secara konsisten).
Guru dapat mengembangkan
soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Mengetahui,
Kepala
MI NW Permatan
.M U
L I A
D I, S.Pd
NIP. ......................................
|
Permatan, ......................................
Guru Mata Pelajaran
M U H
A R D I,
S.Pd.I
NIP. ........................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MI
NW Permatan
Mata Pelajaran : PAI ( FIQIH )
Tema/SubTema
Kelas : IV (Empat)
Semester : 1
(Ganjil)
Pertemuan : 6 - 9
A.
Materi Pokok
Infak
B.
Alokasi Waktu
(35 x 6)
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui model cooperative learning peserta didik dapat:
1. Mendefinisikan
pengertian infak. dengan benar.
2. Menyebutkan Tata
cara berinfak dengan benar;
3.
Menjelaskan ketentuan
berinfak dengan benar;
4. Mendeskripsikan keutamaan berinfak.
D.
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami ketentuan infak
4.2 Mensimulasikan tata cara infak
4.2 Mensimulasikan tata cara infak
E. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Siswa dapat menjelaskan pengertian infak
3.2.2
Siswa dapat menjelaskan ketentuan infak
3.2.3 Siswa dapat mendiskripsikan keutamaan berinfak
4.2.1 Siswa dapat mempresentasikan tata cara infak
3.2.3 Siswa dapat mendiskripsikan keutamaan berinfak
4.2.1 Siswa dapat mempresentasikan tata cara infak
F. Materi
Pembelajaran
1. Pengertian infak
2. Menjelaskan ketentuan infak
3. Mendeskripsikan ketentuan infak
4. Menyebutkan Tata cara infak
Kata infak berasal dari bahasa Arab yaitu ”infak”
menurut bahasa berarti membelanjakan atau menafkahkan. Menurut Istilah Agama Islam infak berarti
menafkahkan atau membelanjakan sebagian harta
benda yang dimiliki di jalan yang di ridhoi Allah Swt.
G.
Metode Pembelajaran
Metode:
·
Pendekatan :
Scientific
·
Strategi :
Cooperative Learning
·
Teknik :
Example Non Example
·
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
H.
Media Pembelajaran
·
Gambar/ Poster
·
Diri anak.
·
Lingkungan keluarga.
I.
Sumber Belajar
·
Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
J.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik
dengan penuh khusyu’;
b.
Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah
pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program
pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri
kepada peserta didik.
e.
Guru mengajukan pertanyaan secara
komunikatif berkaitan dengan materi
pokok infak
f.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang
akan dicapai;
g.
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, eksplorasi dan mengomunikasikan serta
menyimpulkan.
|
30 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Mengamati ilustrasi
gambar yang terdapat
pada pada buku siswa
·
Mendengar uraian guru
tentang pengertian,
ketentuan dan tata cara infak
b.
Menanya
·
Menanyakan beberapa
ketentuan dan
tata cara infak
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan
yang diajukan guru
atau teman sekelas
·
Mengungkapkan pendapat
atau komentar
atas penjelasan guru
tentang pengertian, ketentuan dan tata cara infak
c.
Explorasi
·
Menentukan sumber
informasi berkaitan
dengan ketentuan dan
tata cara infak
·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber
termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan dan tata cara
infak
d.
Asosiasi
·
Mencari hubungan antara ketentuan
dan tata cara infak dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan
dengan ketentuan dan
tata cara infak
e.
Komunikasi
· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil
temuan atau
wawancara di lapangan
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara infak
|
160 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
K.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran.
Tugas
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang ketentuan dan tata cara berinfak
·
Diskusi kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara infak
·
Membuat laporan hasil pengamatan
dan wawancara tentang ketentuan dan tata cara berinfak
·
Mempresentasikan laporan hasil
diskusi kelompok di depan kelas
Observasi
·
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran
didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
i.
Mendiskripsikan keutamaan berinfak
ii.
Menyebutkan Tata cara
infak.
No
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang diamati
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Aktifitas berpendapat
4. Keberanian berpendapat
5. Kemampuan berbahasa
Skor penilaian :
Skor
perolehan
Nilai = x 100
Skor
Maksimal
Kriteria
Nilai
A = 80 – 100 : Baik
Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
Portofolio
·
Membuat paparan tentang berinfak
Tes
Tes tulis tentang Pengertian infak, Tata cara berinfak
·
Guru juga melakukan penilaian
terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati
kisah pada kolom “ayo
berlatih”.
Rubrik
Penilaian
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Catatan :
*4 = Sangat Baik 3 =
Baik
2 =
Sedang 1 =
Kurang baik
Rentang
Skor = Skor Maksimal –
Skor Minimal
= 16 - 4
=
12/4
=
3
MK = 14 - 16
MB = 11 - 13
MT =
7 - 10
BT =
4 - 6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila
peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila
peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila
peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam
indikator secara konsisten).
Guru dapat mengembangkan
soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Mengetahui,
Kepala
MI NW Permatan
.M U
L I A
D I, S.Pd
NIP. ......................................
|
Permatan, ......................................
Guru Mata Pelajaran
M U H
A R D I,
S.Pd.I
NIP. ........................................
|
0 komentar:
Posting Komentar